Langsung ke konten utama

definisi algoritma

Definisi Algoritma

Di dalam dunia informatika kita sering sekali mendengar istilah algoritma. Algoritma sering digunakan ketika seorang programmer akan membuat program. Lantas apakah anda tahu definisi dari Algoritma tesebut?
Dilihat dari bahasanya, algoritma berasal dari nama matematikawan muslim asal Arab yang bernama Al-Khuwarizmi (750M-780M). Jika dilihat dari tahunnya, beliau kurang lebih satu Abad setelah masa Nabi Muhammad S.AW. Orang Barat menyebut Al-Khuwarizmi dengan sebutan Algorism, saya fikir ini sama halnya ketika orang barat   menyebut nama Arab Ismail menjadi Samuel, Sulaiman menjadi Solomon, atau bahkan Yusuf menjadi Joseph. Seiring dengan perkembangan zaman istilah algorism berubah jadi algorithm yang berarti perhitungan (komputerasi) dan kemudian diserap ke dalam bahasa indonesia menjadi istilah algoritma. 
Secara istilah Algoritma merupakan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara efektif dan efisien. Efektif bisa dilihat dari segi waktu sedangkan efisien bisa dikatakan hemat biaya atau peralatan yang digunakan. Dalam sudut pandang lain algoritma merupakan tahapan rinci (prosedur) sebelum melakukan suatu pekerjaan. meskipun tadi dikatakan bahwasanya algoritma merupakan perhitungan, tidak berarti sempit perhitungan matematika saja, tapi memiliki arti luas di dalam kehidupan sehari-hari. 
Tanpa kita sadari di dalam kehidupan sehari-hari kita pun telah melakunan kegiatan algoritma. Contoh Algoritma dalam kehidupan sehari-hari adalah : Resep memasak sayur asam, prosedur menyalakan komputer, prosedur mematikan AC, prosedur mengisi tinta printer, atau bahkan jadwal kegiatan sehari-hari pun bisa disebut sebagai algoritma. 

Struktur Algoritma

Inti dari Algoritma adalah menemukan solusi dari suatu permasalahan. dengan demikian algoritma membutuhkan spesifikasi input (kondisi awal) dan menentukan target pencapaian (output)
Secara umum Struktur Algoritma adalah sebagai berikut :

  1. Judul Algoritma
  2. Desklarasi
  3. Deskripsi

Perlu diperhatikan di dalam penyelesaian masalah dalam algoritma adalah tahapan penyelesaiannya tidak boleh Ambigu. Ambigu bisa diartikan memiliki makna ganda atau membingungkan. tahapan penyelesaian masalah dalam algoritma haruslah spesifik mulai dari takaran atau satuannya.
Contoh tahapan algoritma yang ambigu (Salah) dalam studi kasus Algoritma membuat kopi susu : 

  1. Sediakan Gula, Susu Cream, dan Kopi
  2. Sediakan Gelas
  3. Masukan Kopi secukupnya ke dalam gelas
  4.  Masukan  Gula secukupnya ke dalam gelas
  5. Masukan Susu Cream secukupnya ke dalam gelas
  6. Tuangkan air sampai Gelas sampai penuh

Jika kita lihat di dalam algoritma membuat kopi susu diatas terdapat beberapa tahapan yang ambigu, salah satu diantaranya "Masukan Kopi secukupnya". dilihat dari segi kata yang digunakan tidak ada satuan atau takaran yang jelas. Secukupnya bisa berarti satu sendok teh, setengah sendok teh, atau bisa jadi satu sendok makan. Hal seperti ini jelas harus dihindari di dalam pembuatan algoritma
Di bawah ini adalah contoh algoritma yang benar : 

  1. Sediakan Gula minimal setidaknya 5 sendok teh, Susu Cream 3 Sendok Teh, Kopi 5 Sendok Teh, Air mendidih 300 ml
  2. Sediakan Gelas
  3. Masukan Kopi sebanyak 1 sendok teh ke dalam gelas
  4. Masukan Gula sebanyak 1 sendok teh ke dalam gelas
  5. masukan susu cream sebanyak 1/2 sendok teh ke dalam gelas
  6. tuangkan air mendidih sebanyak 200 ml ke dalam gelas
  7. aduk secara merata
Kembali lagi pada penggunaan algoritma di dalam dunia Komputer, Biasanya algoritma digunakan ketika akan membuat program aplikasi ataupun sistem informasi. di dalam pembuatan program aplikasi algoritma diibaratkan pola ketika seorang penjahit akan membuat sebuah baju atau gambar gedung ketika seorang arsitek ingin membuat gedung. bisa kita bayangkan hasilnya jika seorang penjahit tidak memiliki pola ketika akan membuat baju.. 
Demikian sedikit penjelasan mengenai dasar algoritma, pembahasan lebih lanjut mengenai Struktur Algoritma akan dibahas pada artikel selanjutnya. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat. "berkah berbagi".
 
sumber:http://www.ulas-tkj.com/2017/05/dasar-algoritma.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian animasi 3d dan contoh animasi 3d

Animasi 3D adalah hal yang sering kita dengar di dunia animasi. Sayangnya tidak semua dari kita yang benar-benar memahami pengertian dari animasi 3D. Oleh karena itu, di artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai pengertian animasi 3D. Pengertian Animasi 3D Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat  frame  yang mensimulasikan masing-masing gambar, difilmkan dengan kamera virtual, dan  output -nya berupa video yang sudah di- rendering  atau  Realtime , jika tujuannya untuk membuat game. Animasi 3D biasanya ditampilkan dengan kecepatan lebih dari 24  frame  per detik. Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari  game  dan  virtual reality , tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film. Konsep Objek 3D Seperti yang sudah disebutkan di atas, objek 3D m

Direktori Standar Pada Sistem Operasi Linux

. DIREKTORI STANDAR Setelah proses instalasi, Linux menciptakan system file yang baku, terdiri atas direktory sebagai berikut :  Direktori /etc Berisi file yang berhubungan dengan administrasi system, maintanance script, konfigurasi, security dll. Hanya superuser yang boleh memodifikasi file yang berada di direktori ini. Subdirektori yang sering diakses pada direktori /etc antaran lain : • Httpd, apache web server. • Ppp, point to point protocol untuk koneksi ke internet. • rc.d atau init.d , inisialisasi (startup) dan terminasi (shutdown) proses di Linux dengan konsep runlevel. • cron.d rincian proses yang dieksekusi dengan menggunakan jadwal ( time dependent process) • FILES, file security dan konfigurasi meliputi : passwd, hosts, shadow, ftpaccess, inetd.conf, lilo.conf, motd, printcap, profile, resolv.conf, sendmail.cf, syslog.conf, dhcp.conf, smb.conf, fstab. Direktori /dev Konsep Unix dan Linux adalah memperlakukan peralatan hardware sama seperti penanganan file. Se

pengertian dan contoh animasi 2D

nah guys, kali ini saya akan memerikan sedikit informasi tentang gambar animasi 2D, kalian sudah tau animasi 2D ??  kalau belum, mari belajar bersama saya tetang animasi 2D. penjelasannya di bawah ini guys... Animasi   adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak. 3 Penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan tertentu. Animasi komputer   adalah seni menghasilkan gambar bergerak melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3