Langsung ke konten utama

konsep dasar algoritma


Konsep dasar algoritma
Beberapa metode untuk merancang algoritma dalam program
komputer :
1. Diagram Alir (Flow Chart)
2. Kode Semu (Pseudo Code)
3. Algoritma Fundamental
Knuth (1973) menyatakan 5 komponen utama dalam
algoritma yaitu finiteness, definiteness, input, output dan
effectiveness.
Tipe tipe data algoritma
TIPE DATA DALAM ALGORITMA

1. Tipe data dasar
Tipe data dasar adalah tipe data yang sudah disediakan oleh program sehingga programmer bisa langsung
memakai.
1. Integer ( Bilangan Bulat )
Yang dimaksud bilangan bulat adalah, -1, -2, -3, 0, 1, 2, 3, 4 dan lain lain yang bukan merupakan
bilangan pecahan, rumus dalam komputer adalah -2n-1 <= N < 2n-1-1
2. Real ( Bilangan Pecahan )
Bilangan real adalah bilangan yang mengandung pecahan desimal. contoh : 3,45 8,233
3. Char ( Karakter )
Karakter adalah semua huruf yang ada di dalam alfabet , tanda baca maupun karakter spesial.
karakter ditulis diantara dua tanda petik tunggal. contoh : 'A'
4. String
string adalah deretan karakter dengan panjang tertentu. Contoh : 'Teknik Informatika'.
5. Boolean ( logika )
boolean adalah tipe data logika yang terdiri dari dua pernyataan benar atau salah. pernyataan benar
biasanya ditulis True atau angka 1, sedangkan pernyataan salah ditulis dengan False atau angka 0.
operasi yang umum digunakan adalah or, not, and dan xor.
2. Tipe data bentukan
Tipe data bentukan adalah tipe data yang dibentuk dari tipe data dasar dengan maksud mempermudah
pekerjaan programmer. adapun tujuannya adalah :
1. Mempermudah proses pemrograman
2. Mempermudah dalam penambahan variabel
3. Mempermudah pengelompokan data sehingga lebih teratur.
Contoh : Sebagai contoh tipe data bentukan untuk mendefinisikan nama bulan
Dalam satu tahun.
Perhatikan contoh berikut :
type
MonthType = (January, February, March, April, May, June,
July, August, September, October, November, December);
Setelah mendeklarasikan tipe maka tipe data bentukan itu dapat
digunakan untuk variabel, seperti dibawah ini :
var
: MonthType;
Pengguna juga dapat memberikan nilai dari data bentukan tersebut
Terhadap Variable yang didefinisikan. Month := January;
1. Type dasar yang diberi nama type baru
alasan pemberian nama baru mungkin agar type baru lebih akrab dan lebih mudah untuk di interprestasi
oleh orang yang membaca algoritma.
contoh : type BilanganBulat : Integer
BilanganBulat adalah type bilangan bulat yang sama saja dengan integer.
2. Record (Rekaman)
Record disebut juga type terstruktur. Record tersusun dari satu atau lebih field. Tiap field menyimpan
data dan tipe data tertentu yang bisa berbeda.
contoh :
Type Mahasiswa : Record
NPM : integer
Nama : string
End.

c. Flowchart
Flowchart atau bagan alir adalah skema/bagan (chart) yang menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika.  Flowchart merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan algoritma dalam bentu notasi-notasi tertentu.  Secara lebih detil bagian ini akan dibahas pada bagian berikutnya. Pada flowchart ada beberapa simbol penting yang digunakan untuk membuat algoritma. sebagaimana tercantum pada Gambar 5.3.
Simbol Flowchart :
           Gambar Simbol-simbol yang digunakan dalam flowchart.
Program Flowchart dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika program ( program logic flowchart ) dan bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flowchart).  Bagan alir logika program digunakan untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara logika dan biasanya dipersiapkan oleh seorang analis system.  Sedangkan bagan alir program komputer terinci digunakan untuk menggambarkan instruksi-instruksi program komputer secara terinci dan biasanya dipersiapkan oleh seorang programmer. 



 
                 Bagan alir logika program                                        Bagan alir program komputer terinci

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian animasi 3d dan contoh animasi 3d

Animasi 3D adalah hal yang sering kita dengar di dunia animasi. Sayangnya tidak semua dari kita yang benar-benar memahami pengertian dari animasi 3D. Oleh karena itu, di artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai pengertian animasi 3D. Pengertian Animasi 3D Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat  frame  yang mensimulasikan masing-masing gambar, difilmkan dengan kamera virtual, dan  output -nya berupa video yang sudah di- rendering  atau  Realtime , jika tujuannya untuk membuat game. Animasi 3D biasanya ditampilkan dengan kecepatan lebih dari 24  frame  per detik. Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari  game  dan  virtual reality , tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film. Konsep Objek 3D Seperti yang sudah disebutkan di atas, objek 3D m

Direktori Standar Pada Sistem Operasi Linux

. DIREKTORI STANDAR Setelah proses instalasi, Linux menciptakan system file yang baku, terdiri atas direktory sebagai berikut :  Direktori /etc Berisi file yang berhubungan dengan administrasi system, maintanance script, konfigurasi, security dll. Hanya superuser yang boleh memodifikasi file yang berada di direktori ini. Subdirektori yang sering diakses pada direktori /etc antaran lain : • Httpd, apache web server. • Ppp, point to point protocol untuk koneksi ke internet. • rc.d atau init.d , inisialisasi (startup) dan terminasi (shutdown) proses di Linux dengan konsep runlevel. • cron.d rincian proses yang dieksekusi dengan menggunakan jadwal ( time dependent process) • FILES, file security dan konfigurasi meliputi : passwd, hosts, shadow, ftpaccess, inetd.conf, lilo.conf, motd, printcap, profile, resolv.conf, sendmail.cf, syslog.conf, dhcp.conf, smb.conf, fstab. Direktori /dev Konsep Unix dan Linux adalah memperlakukan peralatan hardware sama seperti penanganan file. Se

pengertian dan contoh animasi 2D

nah guys, kali ini saya akan memerikan sedikit informasi tentang gambar animasi 2D, kalian sudah tau animasi 2D ??  kalau belum, mari belajar bersama saya tetang animasi 2D. penjelasannya di bawah ini guys... Animasi   adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak. 3 Penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan tertentu. Animasi komputer   adalah seni menghasilkan gambar bergerak melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3