Langsung ke konten utama

Posttest

1. Yang dimaksud jaringan adalah
     Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringankomputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

2. Pentingnya jaringan.
  Dalam jaringan komputer kita dapat :
1.    Berbagi data atau file
Dengan adanya jaringan komputer kita dapat berbagi data (file) dan mengaksesnya dari jarak jauh. Manfaatnya lagi dapat menghemat waktu yang biasanya terbuang sia-sia untuk menyalin data (file) dari satu sistem ke sistem yang lain dengan menggunakan perangkat penyimpanan. Selain itu, akan banyak orang yang dapat mengakses atau memperbaharui informasi yang disimpan dalam database sehingga informasinya dapat lebih up to date dan akurat.
2.    Berbagi sumber daya
Jaringan komputer ini merupakan alternatif yang lebih murah untuk saling berbagi sumber daya. Misalnya pada sebuah rumah terdapat lima orang yang masing-masing menggunakan komputer sendiri, mereka akan memerlukan lima buah modem untuk bisa berkoneksi dengan internet pada saat yang bersamaan. Nah dengan menggunakan jaringan komputer ini mereka akan bisa saling berhubungan, menggunakan jaringan hanya dengan satu buah modem sehingga akan menjadi lebih efisien. Berbagi fasilitas sumber daya dengan menggunakan jaringan komputer ini sangat menghemat waktu dan biaya.
3.    Berkomunikasi
Adanya jaringan komputer pada zaman sekarang ini memudahkan manusia diseluruh dunia untuk saling berkomunikasi, bertukar informasi dengan menggunakan e-mail, chatting maupun menggunakan jejaring sosial yang lainnya. Sehingga semua informasi, kabar berita akan cepat tersampaikan pada saat itu juga tanpa harus menunggu lama seperti apabila kita mengirim surat melalui pos. Semua itu akan jauh lebih efisien waktu dan biaya.


3. Komponen pendukung jaringan komputer adalah..
  1. Modem
    Modem merupakan suatu alat yang digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke jaringan internet melalui jaringan telepon standar.Modem merupakan kependekan dari modulator/demodulator. Ini berarti modem bekerja mengkonversi sinyal digital dari komputer menjadi bentuk sinyal analog agar dapat ditransmisikan melalui jalur telepon. Kemudianmodem ini juga mengkonversi ulang sinyal analog tersebut menjadi sinyal digital agar dapat diterima oleh komputer. Kecepatan modem bervariasi, tetapi yang sekarang umum digunakan adalah modem dengan kecepatan 56 Kbps.



  2. Hub
    Hub merupakan komponen yang digunakan untuk membangun jaringan dengan topologi star. Biasanya kabel yang digunakan untuk menghubungkan hubdengan komputer adalah kabel dengan jenis twisted pair, dengan konektor RJ-45.

  1. Switch
    Fungsi komponen ini sama dengan hub, tetapi switchumumnya lebih "cerdas" dan memiliki performa tinggi dibanding hub (harganya pun lebih mahal).


  1. Repeater
    Komponen ini berfungsi sebagai penguat sinyal pada jaringan yang menggunakan topologi bus. Kabel yang digunakan adalah kabel coaxial.

  1. Bridge
    Komponen ini lebih simpel dan murah dibanding router. Bridgehanya menyampaikan paket, namun tidak bisa memilah paket-paket mana yang akan disampaikan ke segmen yang lain. Bridge dapat meningkatkan performa jaringan dengan cara mengeliminasi traffic yang tidak dibutuhkan, sehingga dapat mengurangi peluang terjadinyacollision.


  1. Router
Komponen ini lebih kompleks dan mahal dibandingkan dengan komponen yang lain. Router dapat melakukan routing dari satu LAN ke LAN yang lain, artinya router dapat menentukan rute terbaik untuk pengiriman data dalam jaringan.

7. Transmitter / Receiver
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, transmitter dan receiver bekerja secara simultan pada satu perangkat. Saat ini terdapat berbagai macam perangkat transmitter dan receiver, seperti LAN-card, modem maupun WLAN-adapter.

8. Wireless Access Point (WAP
WAP merupakan perangkat yang mengijinkan perangkat nirkabel (wireless) untuk terhubung ke jaringan komputer menggunakan standar WiFi maupun standar lain yang sesuai. WAP biasanya menyebarkan akses dari koneksi jaringan kabel. Perangkat yang ingin terhubung pada jaringan yang disebarkan oleh WAP harus memiliki WiFi-adaptor. Cakupan wilayah penyebaran akses WAP biasa dikenal dengan istilah hot-spot

9. Local Area Network (LAN) - card
Pada jaringan berskala lokal (LAN) data komputer ditransmisikan melalui media transmisi dan diterima kembali di komputer penerima melewati sebuah LAN-card atau yang biasa juga disebut Network Interface Card (NIC) atau Ethernet-card.

10. Wireless LAN (WLAN) – Adaptor
Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi sambungan nirkabel, perangkat WLAN-adaptor semakin banyak ditemui, Perangkat inilah yang memungkinkan pengguna komputer dapat memanfaatkan akses jaringan di suatu area yang biasa disebut “Hot Spot”. Pada perangkat-perangkat mobile terkini seperti laptop, Personal Digital Assintance (PDA), smart-phone, maupun Ultra-Mobile Portable Computer (UMPC), WLAN-adaptor merupakan perangkat wajib yang biasanya sudah terintegrasi.

4. Protokol jaringan komputer..
Protokol Jaringan adalah perangkat aturan yang digunakan dalam jaringan, Protokoladalah aturan main yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan sehingga komputer-komputer anggota jaringan dan komputer berbeda platform dapat saling berkomunikas

5.perangkat keras dan perangkat lunak pendukung jaringan komputer..
Hardware Pendukung Jaringan Komputer

  1. Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat mentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Setiap jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasi yang berbeda. Oleh karena itu dibuatlah pengenalan tipe kabel. Ada dua kabel yang dikenal dan sering dipakai secara umum dalam jaringan LAN, yaitu coaxial dan twisted pair.

  1.  Kabel
Coaxial Cable. Media ini paling banyak digunakan sebagai media LAN meskipun lebih mahal dan lebih sukar penggunaannya dibandingkan twisted pair. Kabel ini memiliki bandwith yang lebar, sehingga bisa digunakan untuk komunikasi broadband. Thick Coaxial biasanya digunakan untuk kabel backbone pada jaringan instalasi Ethernet antar gedung. Dapat menjangkau jarak 500 m bahkan 2500 m dengan menggunakan repeater.
Twisted Pair Cable. Kabel TP merupakan suatu kabel yang berintikan tembaga berukuran kecil. Pada masing-masing kabel berisikan 8 buah kabel kecil dengan warna yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan warna pada kabel bertujuan untuk mempermudah dalam memasukannya pada konektor RG-45.

  1. HUB/Switch
HUB Berfungsi untuk menggabungkan beberapa komputer menjadi satu buah kelompok jaringan.Mungkin bila kita hanya akan menghubungkan duabuah PC kita hanya akan memerlukan Kabel UTPdengan Crimping dengan metode cross cable.
Switch merupakan pengembangan dari konsep Bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store and forward. Switch cut-through mempunyai kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tijuannya, sedangkan switch store and forward merupakan kebalikannya.

  1. Router
Router memiliki kemampuan melewatkan paket IPdari satu jaringan ke jaringan yang lain yang mungkin memiliki banyak jalur diantara keduanya dan dapat juga digunakan untuk menghubungkan sejumlah LAN (Local Area Network). Router menjalankan fungsi yang sama seperti sebuah bridge tapi dilakukannya pengartian yang lebih baik.

  1. Repeater
Repeater berfungsi untuk penguat sinyal dari kabel , misalnya pada sebuah jaringan LAN dengan topologi start yang menggunakan kabel UTP juga berfungsi memperbaiki dan memperkuat sinyal atau isyarat yang melewatinya,dua sub yang dilewatkan pada repeater memiliki protocol yang sama untuksemua lapisan. Repeater juga berfungsi sebagai memperbesar batasan panjang satu segmen

  1. NIC (Network Interface Card)
NIC Adalah kartu  jaringan atau disebut  juga  LAN Card berupa papan elektronik yang nantinya di pasang pada com puter  yang akan digunakan ke suatu jaringan. Jaringan ini tidak terbatas pada LAN saja, bias juga Workgroup. Sesuai perkembangannya teknologi khususnya jaringan, saat ini banyak jenis dan merek kartu jaringan.

  1. Bridges
Bridge biasanya disebut sebagai sebuah repeater mengcopy atau mengulan paket dari satu segment jaringan ke yang lainnya. Kompleksitas darisebuah bridges dan fungsi pasti bergantung padaperbedaan antara segement jaringan yang terkoneksi.

  1. Modem
Modem digunakan sebagai penghubung jaringan LAN dengan internet. Dalam melakukkan tugasnya, modem akan mengubah data digital kedalam data analog yang bisa dipahami oleh kita manusia ataupun sebaliknya.


Software pendukung jaringan computer

1.    Wireless Wizard
Meningkatkan keandalan dan penggunaan dari setiap WiFi, WiMAX, LTE, 3G atau jaringan data nirkabel.

2.    Easy wifi radar
untuk menemukan dan terhubung untuk membuka jalur akses nirkabel dengan mouseclick tunggal. Terhubung ke hotspot gratis tanpa kerumitan.

3.    Advanced port scanner
dapat memindai port sangat cepat, berisi deskripsi untuk port umum, dan dapat melakukan scan pada rentang port yang telah ditentukan.


4.    AirSnare
adalah aplikasi Wi-Fi besar bagi mereka situasi di mana Anda benar-benar perlu untuk terhubung ke jaringan terbuka.

5.    Wireless Protector Enterprise

Wireless Protector manajemen berbasis windows dan perangkat lunak keamanan yang secara otomatis menonaktifkan WiFi adapter pada komputer yang terhubung ke jaringan LAN perusahaan dan kembali mengaktifkan WiFi ketika kabel LAN diputus dari komputer nirkabel. Perangkat lunak ini bertindak sebagai server untuk semua komputer nirkabel dilindungi dan perlu diinstal hanya sekali pada platform windows aktif yang dihubungkan dengan kabel LAN ke jaringan perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian animasi 3d dan contoh animasi 3d

Animasi 3D adalah hal yang sering kita dengar di dunia animasi. Sayangnya tidak semua dari kita yang benar-benar memahami pengertian dari animasi 3D. Oleh karena itu, di artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai pengertian animasi 3D. Pengertian Animasi 3D Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat  frame  yang mensimulasikan masing-masing gambar, difilmkan dengan kamera virtual, dan  output -nya berupa video yang sudah di- rendering  atau  Realtime , jika tujuannya untuk membuat game. Animasi 3D biasanya ditampilkan dengan kecepatan lebih dari 24  frame  per detik. Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari  game  dan  virtual reality , tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film. Konsep Objek 3D Seperti yang sudah disebutkan di atas, objek 3D m

Direktori Standar Pada Sistem Operasi Linux

. DIREKTORI STANDAR Setelah proses instalasi, Linux menciptakan system file yang baku, terdiri atas direktory sebagai berikut :  Direktori /etc Berisi file yang berhubungan dengan administrasi system, maintanance script, konfigurasi, security dll. Hanya superuser yang boleh memodifikasi file yang berada di direktori ini. Subdirektori yang sering diakses pada direktori /etc antaran lain : • Httpd, apache web server. • Ppp, point to point protocol untuk koneksi ke internet. • rc.d atau init.d , inisialisasi (startup) dan terminasi (shutdown) proses di Linux dengan konsep runlevel. • cron.d rincian proses yang dieksekusi dengan menggunakan jadwal ( time dependent process) • FILES, file security dan konfigurasi meliputi : passwd, hosts, shadow, ftpaccess, inetd.conf, lilo.conf, motd, printcap, profile, resolv.conf, sendmail.cf, syslog.conf, dhcp.conf, smb.conf, fstab. Direktori /dev Konsep Unix dan Linux adalah memperlakukan peralatan hardware sama seperti penanganan file. Se

contoh soal perangkat keras multimedia dan kunci jawaban

Nama          : Triantika Yulianto Contoh soal pilgan : 1.       Sistem komputer untuk multimedia minimal menggunakan prosesor Pentium ? A.       1 B.       2 C.       3 D.       4 E.        5 2.       Yang digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok, di sebut … A.       Scanner B.       Headset C.       Kamera digital D.       Sistem computer E.        LCD proyektor 3.       perangkat multimedia dikelompokkan menjadi dua, yaitu… A.       Perangkat lunak dan software B.       Perangkat keras dan hardware C.       Online dan daring D.       Software dan hardware E.        Semua salah 4.       Apa kegunaan CD ROM drive A.     Alat pemutar CD ROM Atau Suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk B.      untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain C.      menerjemahkan/meng